Services Lab. SEAMEO BIOTROP

Services Laboratory SEAMEO BIOTROP merupakan salah satu Laboratorium Pengujian yang telah berkompeten karena telah menerapkan sistem mutu ISO 17025:2005. Layanan jasa laboratorium pengujian antara lain : Analisa Air dan Udara, Analisa Tanah dan Tanaman, Analisa Pangan dan Pakan serta Lab. Kultur Jaringan (ISO 9001:2008).

Analisa Air dan Udara

Laboratorium Analisa Air dan Udara menyediakan layanan untuk menganalisa kualitas air dan udara dan juga memberikan layanan konsultasi untuk penilaian dan pengukuran keadaan lingkungan di lapangan.

Analisa Tanah dan Tanaman

Laboratorium Analisa Tanah dan Tanaman memberikan layanan analisa unsur-unsur hara tanah dan tanaman.  Selain itu juga memberikan layanan analisa fisika tanah.

Analisa Pangan dan Pakan

Laboratorium Analisa Pangan dan Pakan memberikan layanan analisa produk-produk pangan. Selain itu juga memberikan Program Pelatihan HACCP bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait.

Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur Jaringan menghasilkan plantlets dan bibit berbagai jenis tanaman.  Laboratorium ini juga memberikan konsultasi teknis kepada siapa saja yang tertarik dengan pengusahaan tanaman.

Sekilas Services Laboratory

Gedung Services LaboratoryServices Laboratory SEAMEO BIOTROP (SL-SEAMEO BIOTROP) merupakan salah satu bagian dari organisasi SEAMEO BIOTROP yang mempunyai tugas sebagai pelayanan jasa laboratorium pengujian. SL-SEAMEO BIOTROP berlokasi di Jalan Raya Tajur Km. 6, Bogor (16720), Telpon : +62 0251 8357175, 8323848,  Fax. +62 0251 8357175. Website : http://sl.biotrop.org, Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

SL-SEAMEO BIOTROP terdiri atas 3 laboratorium pengujian yang  memiliki ruang lingkup pengujian terhadap antara lain : air limbah, udara, tanah dan tanaman, mineral serta pangan dan pakan. Selain itu laboratorium ini melayani aktivitas penelitian Biologi Tropika.

SEAMEO BIOTROP merupakan salah satu Pusat (Centre) di bawah SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization) yang didirikan secara resmi pada tanggal 6 Februari 1968, berlokasi di lingkungan Kebun Raya Bogor. Pendirian ini berdasarkan pada kesepakatan Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang dituangkan dalam SEAMEO Charter pada tahun 1965. Negara-negara anggota SEAMEO adalah  Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand dan Vietnam) serta 6 negara sahabat (Associate Member Countries) yaitu Australia, Selandia Baru, Canada, Belanda, Jerman dan Perancis.

Salah satu tujuan utama SEAMEO adalah meningkatkan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di Asia Tenggara yang berpenduduk sekitar 500 juta jiwa dan hampir setengahnya berada di Indonesia. SEAMEO BIOTROP yang berlokasi di Indonesia merupakan Pusat di bawah SEAMEO yang bergerak dalam kegiatan riset dan pelatihan bidang Biologi Tropika, serta salah satu yang tertua dan terbesar disamping SEARCA dan INNOTECH di Philippina.

Sertifikat KANDi dalam perkembangannya, pada tahun 2000 SL-SEAMEO BIOTROP ditetapkan menjadi salah satu bagian dari SEAMEO BIOTROP yang mempunyai tugas sebagai pelayanan jasa laboratorium pengujian berdasarkan keputusan Sidang Dewan Pembina (Governing Board) SEAMEO BIOTROP yang beranggotakan 10 negara anggota Asia Tenggara, di Phnon Phen, Kamboja pada tanggal 3 - 5 Oktober 2000.  Keberadaan Laboratorium ini diperkuat dengan SK Direktur SEAMEO BIOTROP No. 212.1/Dir-SK/SL/V/2003 tentang Penetapan Struktur Organisasi dan Susunan Personalia Services Laboratory SEAMEO BIOTROP.  Saat ini SL-SEAMEO BIOTROP telah memperoleh Sertifikat Akreditasi sebagai laboratorium pengujian sesuai dengan SNI 17025 : 2005 dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor Sertifikat Akreditasi Laboratorium : LP-221-IDN.

 

Telusur Lab.

Parameter Uji

Analisa Tanah
N, P, Ca, Mg, Na, Al/H, pH, C organik, Texture, Cu, Zn, Mn, Fe, B, dan sifat-sifat fisika tanah.

Analisa Tanaman
N, P, C, K, Ca, Mg, Na, Cu, Zn, Mn, Fe, dan B.

Analisa Makanan
Proksimat (lemak, protein, karbo-hidrat, abu dan air). Aflatoksin (B1, B2, G1, G2). Cendawan gudang pada jagung, kacang tanah, coklat dan beras).

Analisa Air
Parameter fisika-kimia yang mencakup ; temperatur, warna, kekeruhan, daya konduksi, kadar garam, total padatan terikat, total padatan terlarut, pH, kadar alkali, kekerasan, oksigen terlarut, BOD, COD, nitrat, nitrit, amonia bebas, orthophosphate, sulfat, silika, sulfida, surfaktan, fenol, minyak dan lemak, klor, Klor bebas, flouride, sianida, kalsium, magnesium, besi, mangan, barium, tembaga, seng, chromium hexavalen, total kromium, klor, cadmium, nikel, kobalt, alumunium, sodium, perak dan bahan organik.
Parameter biologi perairan meliputi : plankton dan invertebrata makro bentos.
Parameter mikro biologi meliputi : Escherichia coli, total coliform.

Analisa Kualitas Udara
SO2, CO, NOx, H2S, NH3, O3, CH4, Pb (Pengukuran di lapang meliputi temperatur udara dan kelembaban, kecepatan dan arah angin, partikel debu, dan tingkat kebisingan (dBA).

Analisa PCR
DNA bakteri, tanaman, dan hewan; RNA tanaman.



Produk Kuljar

jati kuljar

pisang
BIBIT JATI
BIBIT PISANG




satoimo
Zodia
BIBIT TALAS JEPANG
BIBIT ZODIA




tanaman hias
jabon
BIBIT TANAMAN HIAS
BIBIT JABON


LOGIN



Statistik Situs

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini :260
mod_vvisit_counterMinggu Ini :7717
mod_vvisit_counterBulan Ini :35013
mod_vvisit_counterJumlah Tamu :862726

Kunjungan

Pengunjung Online 28 

Go up