PDSD-SEAMEO BIOTROP

PDSD-SEAMEO BIOTROP terdiri dari 2 divisi, yaitu  Divisi Pengembangan Produk dan Services Laboratory. Divisi pengembangan produk bertugas untuk mengembangan produk-produk biologi yang bermanfaat dan dibutuhkan  oleh masyarakat. Sedangkan Services Laboratory bertugas untuk menyediakan layanan jasa pengujian.

Analisa Air dan Udara

Laboratorium Analisa Air dan Udara menyediakan layanan untuk menganalisa kualitas air dan udara dan juga memberikan layanan konsultasi untuk penilaian dan pengukuran keadaan lingkungan di lapangan.

Analisa Tanah dan Tanaman

Laboratorium Analisa Tanah dan Tanaman memberikan layanan analisa unsur-unsur hara tanah dan tanaman.  Selain itu juga memberikan layanan analisa fisika tanah.

Analisa Pangan dan Pakan

Laboratorium Analisa Pangan dan Pakan memberikan layanan analisa produk-produk pangan seperti vitamin dan mineral.  Selain itu juga memberikan Program Pelatihan HACCP bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait.

Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur Jaringan menghasilkan plantlets dan bibit berbagai jenis tanaman.  Laboratorium ini juga memberikan konsultasi teknis kepada siapa saja yang tertarik dengan pengusahaan tanaman.

Organisasi

Services Laboratory SEAMEO BIOTROP berusaha mengimplementasikan, memelihara dan meningkatkan Sistem Manajemen yang ditetapkan dalam SNI: 17025 - 2005.  Seluruh kegiatan tenaga pelaksana dilakukan dalam kondisi independen, bebas dari pengaruh tekanan komersial, keuangan dan tekanan lainnya yang dapat mempengaruhi mutu kerja.

Untuk mencapai Sasaran dan Kebijakan Mutu, Pimpinan Puncak menerapkan kualifikasi dan fungsi personel manajerial dan teknis, disamping tanggung jawab pokok yang lain, memiliki kewenangan dan sumberdaya yang cukup untuk melaksanakan tugasnya.  Tugas tersebut antara lain: implementasi, pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen.  Selain itu harus mampu mengidentifikasi kejadian penyimpangan dari sistem manajemen dan memulai tindakan pencegahan penyimpangan tersebut.

Struktur organisasi Services Laboratory SEAMEO BIOTROP yang diterapkan pada prinsipnya merupakan fungsi struktural Laboratorium Penelitian SEAMEO BIOTROP yang  dimodifikasi dengan penambahan struktur lain sesuai SNI: 17025 - 2005.

Untuk memperkuat pengelolaan laboratorium yang bebas tekanan komersial, keuangan dan tekanan lain yang mengganggu obyektifitas hasil pengujian maka dibentuk struktur organisasi serta fungsi Services Laboratory SEAMEO BIOTROP yang dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur SEAMEO BIOTROP.

organisasi

 

PDSD SEAMEO BIOTROP

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Go up