PDSD-SEAMEO BIOTROP

PDSD-SEAMEO BIOTROP terdiri dari 2 divisi, yaitu  Divisi Pengembangan Produk dan Services Laboratory. Divisi pengembangan produk bertugas untuk mengembangan produk-produk biologi yang bermanfaat dan dibutuhkan  oleh masyarakat. Sedangkan Services Laboratory bertugas untuk menyediakan layanan jasa pengujian.

Analisa Air dan Udara

Laboratorium Analisa Air dan Udara menyediakan layanan untuk menganalisa kualitas air dan udara dan juga memberikan layanan konsultasi untuk penilaian dan pengukuran keadaan lingkungan di lapangan.

Analisa Tanah dan Tanaman

Laboratorium Analisa Tanah dan Tanaman memberikan layanan analisa unsur-unsur hara tanah dan tanaman.  Selain itu juga memberikan layanan analisa fisika tanah.

Analisa Pangan dan Pakan

Laboratorium Analisa Pangan dan Pakan memberikan layanan analisa produk-produk pangan seperti vitamin dan mineral.  Selain itu juga memberikan Program Pelatihan HACCP bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait.

Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur Jaringan menghasilkan plantlets dan bibit berbagai jenis tanaman.  Laboratorium ini juga memberikan konsultasi teknis kepada siapa saja yang tertarik dengan pengusahaan tanaman.

Sekilas Product Development and Services Department

Gedung Product Development & Services DepartementProduct Development and Services Department (PDSD-SEAMEO BIOTROP) merupakan salah satu departemen dari organisasi SEAMEO BIOTROP yang mempunyai tugas untuk pengembangan produk-produk biologi dan pelayanan jasa laboratorium pengujian.

PDSD-SEAMEO BIOTROP terdiri dari 2 divisi, yaitu  Divisi Pengembangan Produk dan Services Laboratory. Divisi pengembangan produk bertugas untuk mengembangan produk-produk biologi yang bermanfaat dan dibutuhkan  oleh masyarakat. Sedangkan Services Laboratory bertugas untuk menyediakan layanan jasa pengujian. Ruang lingkup pengujian meliputi: air limbah, udara, tanah dan tanaman, mineral serta pangan dan pakan. Selain itu laboratorium ini juga melayani kegiatan penelitian di bidang Biologi Tropika.

Product Development and Services Department didirikan untuk menunjang kegiatan SEAMEO BIOTROP sebagai salah satu Pusat (Centre) di bawah SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization) yang bergerak dalam kegiatan penelitian dan pelatihan bidang Biologi Tropika.


Product Development

    Pengembangan produk yang telah dilakukan SEAMEO BIOTROP adalah pengembangan produk bibit tanaman unggul yang dihasilkan melalui teknik kultur jaringan, pengembangan budidaya jamur, pembuatan kompos. Tujuan Pengembangan Produk di SEAMEO BIOTROP adalah :

        1. Menyediakan layanan informasi dan pengetahuan untuk membuat produk-produk hasil penelitian bidang biologi tropika yang b
        2. ermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat.
        3. Membuat percontohan pembuatan produk-produk hasil penelitian di bidang biologi tropika.
        4. Menyediakan produk-produk hasil penelitian di bidang biologi tropika yang berkualitas dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.


        Services Laboratory

        Services Laboratory SEAMEO BIOTROP merupakan laboratorium pengujian yang telah mendapatkan akreditasi ISO 17025 sejak tahun 2004 (LP-221-IDN). Sejak tahun 2012, Services Laboratory juga diregistrasi sebagai Laboratorium Lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Gedung Service Laboratory Runag lingkup pengujian Services Laboratory meliputi komoditi: air limbah, air permukaan, air bersih, udara ambien, udara emisi, tanah, tanaman, serta pangan dan pakan.

         
        Go up