PDSD-SEAMEO BIOTROP

PDSD-SEAMEO BIOTROP terdiri dari 2 divisi, yaitu  Divisi Pengembangan Produk dan Services Laboratory. Divisi pengembangan produk bertugas untuk mengembangan produk-produk biologi yang bermanfaat dan dibutuhkan  oleh masyarakat. Sedangkan Services Laboratory bertugas untuk menyediakan layanan jasa pengujian.

Analisa Air dan Udara

Laboratorium Analisa Air dan Udara menyediakan layanan untuk menganalisa kualitas air dan udara dan juga memberikan layanan konsultasi untuk penilaian dan pengukuran keadaan lingkungan di lapangan.

Analisa Tanah dan Tanaman

Laboratorium Analisa Tanah dan Tanaman memberikan layanan analisa unsur-unsur hara tanah dan tanaman.  Selain itu juga memberikan layanan analisa fisika tanah.

Analisa Pangan dan Pakan

Laboratorium Analisa Pangan dan Pakan memberikan layanan analisa produk-produk pangan seperti vitamin dan mineral.  Selain itu juga memberikan Program Pelatihan HACCP bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait.

Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur Jaringan menghasilkan plantlets dan bibit berbagai jenis tanaman.  Laboratorium ini juga memberikan konsultasi teknis kepada siapa saja yang tertarik dengan pengusahaan tanaman.

Profil Services Laboratory

Gedung SLServices Laboratory SEAMEO BIOTROP (SL-SEAMEO BIOTROP) merupakan salah satu bagian dari organisasi SEAMEO BIOTROP dan berlokasi di Jalan Raya Tajur Km. 6, Bogor (16122).  Telepon (0251) 8323848, 8357175. Fax (0251) 8357175, 8326861. Website : http://www.biotrop.org, email : services.lab[a]biotrop.org.

SEAMEO BIOTROP merupakan salah satu Pusat (Centre) di bawah SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization) yang didirikan secara resmi pada tanggal 6 Februari 1968, berlokasi di lingkungan Kebun Raya Bogor.  Pendirian ini berdasarkan pada kesepakatan Menteri - Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang dituangkan dalam SEAMEO Charter pada tahun 1965.  Negara-negara anggota SEAMEO adalah Indonesia, Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand dan Vietnam serta 6 negara sahabat (Associate Member Countries) yaitu Australia, Selandia Baru, Canada, Belanda, Jerman dan Perancis.  Pada tahun 1997, SEAMEO BIOTROP dikelompokkan menjadi salah satu Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi Tropika di Lingkungan Institut Pertanian Bogor melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0186/9/1997.  Keputusan tersebut diperkuat dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 099/O/1997 tentang Penunjukkan Institut Pertanian Bogor sebagai Institusi Induk bagi The Southeast Asian Ministers of Education Organization for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP).

Salah satu tujuan utama SEAMEO adalah meningkatkan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di Asia Tenggara yang berpenduduk sekitar 500 juta jiwa dan hampir setengahnya berada di Indonesia.  BIOTROP yang berlokasi di Indonesia merupakan Pusat di bawah SEAMEO yang bergerak dalam kegiatan riset dan pelatihan bidang Biologi Tropika, serta salah satu yang tertua dan terbesar disamping SEARCA dan INNOTECH di Filipina.

Di dalam perkembangannya, pada tahun 2000 Laboratorium Services ditetapkan menjadi salah satu bagian dari SEAMEO BIOTROP yang mempunyai tugas sebagai pelayanan jasa laboratorium pengujian berdasarkan keputusan Sidang Dewan Pembina (Governing Board) SEAMEO BIOTROP yang beranggotakan 10 negara anggota Asia Tenggara, di Phnon Phen, Kamboja pada tanggal 3 - 5 Oktober 2000.  Keberadaan Laboratorium ini diperkuat dengan SK Direktur SEAMEO BIOTROP No. 212.1/Dir-SK/SL/V/2003 tentang Penetapan Struktur Organisasi dan Susunan Personalia Services Laboratory SEAMEO BIOTROP Bogor.  Saat ini Services Laboratory telah memperoleh Sertifikat Akreditasi sebagai laboratorium penguji sesuai dengan SNI: 17025 - 2005 dari Komite Akreditasi Nasional.

Ruang Sampel Sertifikat KAN

 

PDSD SEAMEO BIOTROP

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Laboratorium

Laboratorium Analisa Air dan Udara
Lab-auLaboratorium Analisa Air dan Udara menyediakan layanan untuk menganalisa kualitas air dan udara dan juga memberikan layanan konsultasi untuk penilaian dan pengukuran keadaan lingkungan di lapangan.


Laboratorium Analisa Tanah dan Tanaman
lab tanahLaboratorium Analisa Tanah dan Tanaman memberikan layanan analisa unsur-unsur hara tanah dan tanaman.  Selain itu juga memberikan layanan analisa fisika tanah.


Laboratorium Analisa Pangan dan Pakan
lab PPLaboratorium Analisa Pangan dan Pakan memberikan layanan analisa produk-produk pangan seperti vitamin dan mineral.  Selain itu juga memberikan Program Pelatihan HACCP bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait.


Laboratorium Kultur Jaringan
lab kuljarLaboratorium Kultur Jaringan menghasilkan plantlets dan bibit berbagai jenis tanaman.  Laboratorium ini juga memberikan konsultasi teknis kepada siapa saja yang tertarik dengan pengusahaan tanaman.


Laboratorium Terpadu
Lab Terpadu
Laboratorium terpadu dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang penelitian di bidang bioteknologi, biologi, kimia, dan disiplin ilmu yang terkait lainnya. Fasilitas yang terdapat di laboratorium terpadu antara lain DNA sequencer, PCR (Polymerase Chain Reaction), Eliza Reader, Spektrofotometer UV-VIS, Ultrasonic Cleaners, HPLC (High Performance Liquid Chromatography), GC (Gas Chromatography) dan Regulator.



Go up